Ilmu dalam Filsafat Pendidikan



Selasa, 25 September 2018

Assalamualaikum wr.wb

Ilmu. Apa itu ilmu?

Ilmu memiliki kedudukan dan spesifikasi yang sangat luas. Ilmu pertama dan paling utama turun dari Allah SWT. Kata ilmu berasal dari bahasa Arab (ilm). Sebelum turun Al-qur`an, kata `ilm dalam bahasa arab dipakai untuk menunjukkan makna pengetahuan biasa. Tetapi turun melalui ayat-ayat Al-qur`an yang turun setahap demi setahap. Untuk memperoleh pengertian yang tepat tentang ilmu, setidaknya dapat dilihat dari dua segi, yaitu segi etimologis (bahasa) dan segi terminologis (istilah).

Secara etimologis, kata `ilm memiliki makna yang sangat beragam meliputi berbagai bidang pengetahuan manusia. Secara terminologis `ilm memiliki cakupan makna sangat luas, termasuk di dalamnya pengetahuan yang didasarkan pada bukti dan penalaran yang sistematis.
Ilmu dalam arti yang pertama (etimologi) mengacu pada ilmu secara umum. Adapun ilmu dalam arti yang kedua (terminologi) lebih menunjuk pada masing-masing cabang ilmu pengetahuan, seperti antropologi, biologi, geografi, sosiologi, dan lain sebagainya.

Menurut penuturan Pak Aniq pada saat perkuliahan menjelaskan bahwa dari ilmu akan melahirkan realitas-realitas, yang mana dari sebuah ilmu akan terlahir seorang ilmuan-ilmuan yang mengetahui segala sesuatu apa adanya. “Orang yang berilmu mengetahui orang yang bodoh karena dia pernah bodoh, sedangkan orang yang bodoh tidak mengetahui orang yang berilmu karena dia tidak pernah berilmu”.(Plato)
Sejalan dengan pendapat Imam Syafi’i yang mengatakan bahwa cukuplah ilmu itu menjadi keutamaan bagi seseorang, ia bangga manakala disebut sebagai seorang yang berilmu. Ia juga disebut bodoh manakala meninggalkan bagian dari pengetahuannya, dan jika kita bodoh itu ditujukan kepadanya, tentu ia akan marah.
Dapat disimpulkan bahwa ilmu merupakan suatu pengetahuan yang perlu dikembangkan untuk menjadi orang yang berguna bagi keluarga, nusa dan bangsa demi mencapai tujuan hidup yang diharapkan sesuai dengan izin Allah SWT.

Wassalamualaikum wr.wb

Nur Khasanah (15120266)

Artikel Terkait :

15120101 AYU PUSVITA SARI (http://ayupusvita98.blogspot.com/ )
15120103 IRWAN BUDHI PRASETYA (https://irwanbudhiprasetya18.blogspot.com/ )
15120110 IRMA RISTANTINA LUTHVIYANI (http://irmaristhvi97.blogspot.com/2018/09/reportase.html?m=1 )
15120283 TEGGOEH SUSILO (https://suteg1.blogspot.com/?m=1 )

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia Ruang Roh dan Jasad

Pendidikan dan Pengajaran